Ayo liburan ke Samarinda

Sampai sekarang masih banyak yang belum tau, kalau Samarinda juga punya tempat liburan yang menyenangkan. Kota ini punya banyak sekali objek wisata yang bisa memberikan pengalaman baru untuk para turis, baik itu lokal maupun turis mancanegara. Oleh karena itu, saya sebagai orang lahir dan tinggal di Samarinda ingin memandu Anda sebagai calon wisatawan yang ingin berkunjung ke ibu kota dari Kalimantan Timur.

Untuk bisa sampai di kota Samarinda, Anda disarankan menempuh perjalanan udara dengan tujuan ke bandara Sepinggan, Balikpapan terlebih dahulu. Setelah itu Anda bisa ke Samarinda menggunakan jalur darat. Ada 3 pilihan kendaraan untuk mengantar Anda sampai ke Samarinda. Pertama menggunakan taksi yang sudah siap menunggu di luar bandara. Tarif menggunakan taksi sekitar Rp. 300.000. Kedua, menggunakan bus Kangaroo seharga Rp. 120.000. Jika ingin menghemat biaya, Anda juga bisa menggunakan bus antar kota yang harganya kurang dari Rp. 50.000. Namun Anda harus terlebih dahulu ke terminal Batu ampar. Untuk sampai ke terminal, Anda bisa menggunakan angkutan umum karena kalau jalan kaki, jauh.

Perjalanan untuk sampai ke Samarinda dari Balikpapan lebih dari 100 KM itu artinya butuh waktu sekitar 3 - 4 jam. Selama di perjalanan Anda akan melihat hijaunya pemandangan hutan Kalimantan. Selain itu Anda juga akan merasakan sensasi jalanan yang berkelok kelok. Sedikit tips, kalau Anda sering mabuk perjalanan sediakan obat anti mabuk karena bisa saja di perjalanan Anda mengalami mual mual. Tentu kita harus menghindari hal hal yang tidak diinginkan seperti itu.

Saat sampai Samarinda, Anda bisa memilih penginapan dari penginapan kelas melati sampai hotel berbintang seperti hotel Aston, Mesra, Bumi Senyiur. Pilihan ada di tangan Anda, tapi saya jamin kalau berkunjung ke sini Anda tidak akan berlama lama di hotel karena Samarinda mempunyai banyak objek objek wisata. Berikut adalah objek wisata unggulan kota yang memiliki semboyan Tepian. Teduh, rapi dan aman & nyaman.

Islamic centre
sumber gambar: kemenag.go.id
Untuk Anda yang beragama Islam, beribadah di masjid Islamic Centre tentu tidak boleh untuk dilewatkan. Dengan arsitektur yang menawan. Masjid ini memiliki 7 menara dan mempunyai menara utama setinggi 99 meter yang bermakna sebagai asmaul husna. Anda yang berkunjung bisa menaiki menara dengan membayar biaya Rp. 5.000 untuk pelajar dan Rp. 10.000 untuk umum. Ketika berada di atas menara, Anda akan melihat indahnya kota Samarinda lengkap dengan sungai mahakam.

Stadion utama kaltim palaran

sumber gambar: wikipedia.org
sumber gambar: pt-pp.com
Anda pasti akan melihat gapura besar bertuliskan "STADION UTAMA KALTIM" saat baru memasuki kota Samarinda. Ya, di dalam gapura itu terdapat stadion kebanggan warga Kalimantan Timur. Terletak di ujung kota Samarinda, stadion Palaran adalah salah satu stadion serbaguna termegah di Indonesia. Stadion palaran pertama kali digunakan pada PON XVII di Kalimantan Timur. Stadion yang berkapasitas 60.000 orang ini sekarang merupakan kandang dari tim sepak bola Putra Samarinda yang bermain di Indonesia Super League, kasta tertinggi sepak bola di Indonesia. Ketika berkunjung kesini, Anda akan terpukau dengan megahnya stadion Palaran ini.

Stadion Segiri
sumber gambar: pusamania.org
Berbeda dengan stadion palaran, stadion segiri terletak di tengah kota sehingga akses menuju stadion ini lebih mudah. Segiri adalah stadion dari tim sepak bola asal Samarinda, Pusamania Borneo FC. Stadion ini selalu penuh saat tim PBFC bertanding. Ketika Anda sedang berlibur ke sini dan ada pertandingan di stadion segiri, datanglah dan rasakan sensasi menonton bersama Pusamania yang tak hentinya menyanyi untuk memberikan semangat pada tim kesayangannya. Di sini Anda juga bisa membeli souvenir untuk dijadikan kenang kenangan saat Anda pulang nanti.

Stadion Sempaja
sumber gambar: dtepian.blogdetik.com
Setelah 2 stadion sebelumnya biasa dipakai untuk menonton pertandingan, stadion yang ini lebih sering digunakan untuk umum. Hari Minggu adalah hari yang paling ramai di stadion ini karena warga Samarinda akan berkumpul untuk lari pagi atau senam bersama sama. Disini juga terdapat komunitas komunitas yang berkumpul. Mulai dari komunitas sepeda sampai komunitas hewan peliharaan. Setelah selesai lari pagi, Anda bisa berwisata kuliner yang tak jauh dari sekitaran stadion madya sempaja ini. Bisa dibilang, di sini adalah tempat yang tepat untuk membaur dengan orang orang Samarinda

Masjid shiratal mustaqiem
sumber gambar: iakurniasih.wordpress.com
Masjid Shiratal Mustaqiem bisa menjadi pilihan Anda yang ingin berwisata rohani. Masjid ini terletak di kelurahan masjid, Samarinda seberang. Masjid ini adalah masjid pertama di Samarinda. Dibangun dari tahun 1881, arsitektur masjid ini masih dipertahankan sampai sekarang. Bahkan masjid ini pernah mendapat penghargaan sebagai masjid bersejarah terbaik nomer 2 di Indonesia. Masjid Shiratal Mustaqiem sekarang menjadi masjid yang dilindungi oleh pemerintah karena telah masuk kedalam cagar budaya.

Sedikit saya jelaskan mengenai sejarah masjid Shitaral Mustaqiem, dulu pada tahun 1881 kawasan ini terkenal sebagai kawasan penuh maksiat, judi dan saung ayam banyak terjadi di daerah ini. Sampai akhirnya warga marah dan melakukan musyawarah untuk menghilangkan kesan itu. Hasilnya, warga sepakat untuk membuat masjid. 10 tahun setelahnya, selesailah pengerjaan masjid ini dan masih bisa kita gunakan sampai sekarang.

Desa budaya pampang

Untuk sampai ke desa budaya Pampang, Anda harus menempuh perjalanan selama 60 menit. Di sana anda akan bertemu dengan masyarakat suku dayak kenyah. Suasana tradisional sangat terasa di sana. cocok buat anda yang ingin mempelajari budaya asli Indonesia.

Jika ingin mengunjungi desa budaya pampang, datanglah pada hari Minggu. Karena setiap pukul 2 siang akan ada pertunjukan tarian dayak. Dengan membayar Rp. 15.000 Anda akan melihat sekitar 10 jenis tarian yang akan dibawakan para penari. Setelah pertunjukan Anda bisa berfoto dengan para penari dan masyarakat sekitar dengan biaya sebesar Rp. 25.000

Kebun Raya Samarinda
sumber gambar: yukpergi.com
Anda perlu menempuh 30 menit dari pusat kota untuk bisa sampai ke kebun raya. Anda hanya membayar biaya sebesar Rp. 5.000 untuk bisa masuk kedalam kawasan. Kebun raya adalah salah satu objek wisata favorit orang Samarinda dan juga turis turis lain. Karena selain suasana sejuk dan melihat beraneka binatang, anda juga bisa bermain sepeda air sampai bermain go kart. Di sini juga terdapat musium kayu yang bisa menambah pengetahuan Anda.

Air terjun
sumber gambar: wisata-saya.blogspot.com
Samarinda memang tidak memiliki pantai. Namun tidak memiliki pantai bukan berarti Samarinda tidak menarik untuk Anda yang suka berwisata air. Terlebih Anda adalah turis pencinta alam tentunya harus mengunjungi air terjun ini. Terletak di kecamatan Samarinda Utara, Air terjun ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan biaya masuk Rp. 10.000 anda bisa berenang atau sekedar melihat pemandangan dengan suasana khas alam.

Taman lampion
sumber gambar: mysamarinda.com
Taman lampion akan ramai sekali pengunjungnya ketika malam Minggu tiba. Segarnya tuipan angin dari sungai Mahakam, lampu yang berasal dari patung-patung dan teduhnya taman lampu yang berasal dari pohon pohon membuat lokasi ini menjadi tempat yang romantis. Cocok sekali untuk Anda yang berpergian bersama keluarga ataupun pasangan. Biasanya warga lokal pergi ke taman lampion untuk sekedar jalan jalan atau berfoto bersama macam-macam boneka. Taman ini terletak di depan kantor gubernur. Selain lampion, Anda juga dapat membeli jajanan dari pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar area taman ini.


Taman Cerdas


Taman ini adalah sebuah taman yang teduh dan sejuk. Jika Anda berlibur ke Samarinda bersama keluarga, tempat ini adalah yang wajib dikunjungi. Disini anda bisa mengajarkan anak anak anda untuk belajar sambil bermain. banyak patung patung yang cocok untuk menjadi bahan pembelajaran bagi anak. Taman cerdas merupakan ruang publik unggulan dari kota Samarinda.
Citra niaga
sumber gambar: fotodeka.com
Setelah Anda keliling Samarinda, kini saatnya Anda untuk berkunjung ke kawasan citra niaga yang juga di tengah kota. Di sini Anda akan menemukan banyak sekali oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang ke daerah asal. Mulai dari amplang, sampai sarung samarinda yang kalau digosok keluar bau yang sangat harum tersedia disini. Bangunan citra niaga yang khas ini bahkan pernah mendapatkan penghargaan internasional Agha Khan untuk arsitektur pada tahun 1986 sebagai Arsitektur terbaik. Kawasan citra niaga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbelanja oleh oleh khas Samarinda.

Kampung nasi kuning
sumber gambar: dtepian.blogdetik.com
Ada pepatah yang mengatakan kalau kebudayaan masyarakat suatu daerah tergantung dengan apa yang dimakan warganya. Setiap pagi, kebanyakan dari kami orang Samarinda memakan nasi kuning setiap pagi. Untuk Anda yang ingin berwisata kuliner di Samarinda, tempat ini wajib Anda kunjungi karena disini anda akan menemui beragam macam penjual nasi kuning. Satu porsi nasi kuning di kawasan ini rata rata dijual dengan harga Rp. 10.000.

Mal
Samarinda Central Plaza, salah satu mall besar di Samarinda
Sebagai kota modern, Samarinda memiliki Samarinda Central Plaza, Mall Lembuswana, Mall Plaza Mulia, Mall Mesra Indah dan Mall Samarinda Square. Di mall mal tersebut anda bisa makan di restoran cepat saji, berbelanja pakaian di departement store, bermain games, karaoke, menonton bioskop sampai membeli buku. Semuanya tersebar di 5 mall tersebut.

Itu tadi adalah sebagian besar tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan baik untuk berlibur atau belajar. Di Samarinda Anda bisa berlibur sambil belajar. Jadi tunggu apa lagi, ayo datang ke Samarinda. Masyarakat di sini akan senang dengan kehadiran para wisatawan seperti Anda.

38 komentar:

  1. Gue udah lama pengen ke samarinda sih.. Pengen Hunting foto disana.. :D
    Dulu sempet dikasi tau temen kalau Desa Budaya Pampang dan Citra Niaga.

    Ternyata emang beneran keren!
    Makin ga sabar :3
    btw, Nice Post Bro! :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kesini deh cepet cepet. orang disini ramah ramah loh :D

      Hapus
  2. wah ada wisata naik menaraa gitu yaa... di pekanbaru mana ada tuh, pengen deh. jadi berasa naik menara di paris gitu ya. hahaha
    eh naik menaranya pake lift kan? ya kali pake tangga kan gempor. hahaha

    penasaran di taman cerdas itu ada apa aja sih, kok bisa di bilang taman cerdas? apa da belajar integral disana? muhehehe

    kayaknya kalo dari bayangan kasar, samarinda hampir sama kayak pekanbaru deh ya kemajuan kotanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nggak pernah ke pekan barusih hehehe
      iya, jadi taman cerdas itu kalau UN disana pasti dapat 100, cobain aja. langsung cerdas mendadak! hahaha

      Hapus
  3. wah samarinda ya, pengen kesana nabung dulu deh.
    itu tempat-tempat di atas letaknya strategis gak? di lewati kendaraan umum gitu?
    kak, kenapa pictnya kebanyakan dari google? gak ambil sendiri aja gitu, biar kesannya lebih nyata dan keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagian ada yang strategis sebagian agak jauh dari kota tapi, Samarinda itu kotanya besar soalnya hehehe
      emang itu nggak nyata ya -_-. kameraku nggak mendukung buat foto foto sih..

      Hapus
  4. pengen ke taman lampion sama desa budaya pampang u,u
    sayangnya, jauh banget dari kotaku -_- smg kalo udah punya duit sendiri dan ada kesempatan bisa kesana aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin.. mudah mudahan dapat rejeki lebih yak.

      Hapus
  5. Wow ternyata banyak ya tempat wisata di Samarinda, selain itu tempat wisatanya keren bangeeet. Gua jadi pengen kesana kalo udah bisa cari duit sendiri.
    Keren Kuh infonyaa, makasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia sama sama rie.
      mudah mudahan cepet cari duit sendiri yak hehehe

      Hapus
  6. Weww :o
    baru tahu gue kalo Samarinda memiliki wisata yang sangat keren banget lo bang, sumfeh, takjub gue ngeliat nya, sesekali gue belum pernah pergi kesitu. Apalagi kalo satadiun nya :o, serasa seperti di luar negeri banget tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, baru tau kan.. itu stadion internasional men. bagus untuk foto foto hahaha,

      Hapus
  7. wohh.. jauh bro dari madura.. :3
    eh ngomong2 banyak stadion ya disana.. kece2 lagi.. aku malah pengen ke stadion disitu daripada ke tempat wisata yg lain :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, ada 3 stadion yang bisa kamu kunjungi. ada 2 tim sepakbola dari Samarinda. udah kayak kota Manchester kan hahaha

      Hapus
  8. Lah, blogmu kenapa Kuh? Atau khusus buat blog buat jadi Tour Guide?
    Habis baca Tour singkatmu, aku jadi pengen liburan kesana, apalagi ke Islamic Center sama Air Terjunnya :D

    Btw, itu nasi kuning mahal amat 10ribu satu porsinya -_-
    Tapi mungkin maklum kali ya, nasi kuning juga butuh bumbu yg beraneka ragam ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog masih aktif kok. Jadi sebenarnya ini ada misi rahasia hahaha
      iya liburan kesini fan, ajakin juga anak anak BE sidoarjo lainnya..

      disini memang apa apa rada mahal :|

      Hapus
  9. bentar, ini blog baru ya Bang? kayaknya blognya khusus buat bahas Samarinda doang yaa? yang satunya masih aktif kan?

    gilaa Samarinda lengkap banget yaa tempat-tempat kerennya. ada masjid, stadion, taman lampion, bahkan ada air terjunnya juga. kereen.
    jadi pengen kesana nih bang, tapi yaa gitu, jarak Surabaya sama Samarindanya yang jadi halangan. jauh banget soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya blog baru, masih aktif kok yang untuk pribadi. nggak enak blog aku yang personal udah terlanjur rusak hahahaha

      iya lengkap banget kan. makanya jembatan suramadu dipindahin aja jadi surarinda (surabaya samarinda) hahahaa

      Hapus
  10. Wadduhh ternyata samarinda gede ya, stadionnya juga gede gede...
    waduhh gue gapernah ke samarinda nihh, kebetulan kalo ada sodara di sana sihh bisa gue jabanin, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. woiya gede dong, namanya juga ibu kota Kalimantan Timur.
      jadi kamu bukan saudaramu? jadi aku siapa :(
      -____-

      Hapus
  11. banyak banget stadionnya kuh..
    ehh ini blog lo yg baru apa gmana??

    gue rasa orang2 harus jalan2 ke samarinda, duh kalau deket sih gue juga mau kuh sayangnya jauh bingit haha.. keren deh, ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak kan, udah kayak kota Manchester di UK ya. jadi daripada ke Manchester, kesini aja dulu..

      iya, harusnya orang orang memang jalan jalan ke samarinda..

      Hapus
  12. haiii anak Samarinda, kapan kau akan mengajakku untuk mengitari kotamu?? yang paling aku pingin tuh Islamic Centre sama air terjun karena aku sukaaa alaaaam...wah kapan ya bisa terbang dari Jawa menuju Samarinda. it would be sooooo amazing!!! kalo bisa sih kamu ke sana satu satu lalu kamu review tempatnya satu satu biar aku tambah ngilerrr hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai anak backpacker! ayo backpackeran kesini.. kami siap menjadi tuan rumah..
      kapanpun bisa kok.
      iya, lengkap banget kan ya..

      Hapus
  13. Kuhh, ulun jadi handak ke Samarindaaa. Paling terpesona sama Mesjidnya, Subhanallah keren banget Kuh :))

    Semoga sometime bisa ke Samarinda, Amin. Jadi Guide siap aja kalo Kuh :3

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Maaf mas, mau ngritik dikit aj bokeh kan ? Hehehhehehe
    Ni mslah masjid yg disamarinda sbrang dikampung baqa dibelajari baik baik dulu mas tentang sejarah nya, heheheeh tp lain ny keren abis dah

    BalasHapus
  16. prnah sekali terdampar di islamic center yg megah itu
    kumpulan tips BERMANFAAT

    BalasHapus
  17. Terimakasih Admin atas informasinya. saya sangat senang membacanya karena sangat menarik. baca juga artikel saya salah satunya obat bius merupakan salah satu obat medis yang sudah di kenal sejak lama biasanya para dokter menggunakanya sebagai senjata utama saat operasi agar pasien tidak merasakan sakit apapun.

    juga bisa di gunakan untuk mengatasi orang yang mengalami gangguan jiwa sedang mengamuk agar bisa tenang
    namun para remaja lebih menyukai berbentuk obat bius cair dengan alasan guna mengatasi ganguan hubungan rumah tangga karena banyak sekali salah satu dari pasangan merasakan kebosanan hubungan intim hal inilah yang menjadikan kurang harmonis.

    tetapi ada yang salah kaprah untuk membedakanya soal obat tidur dengan sama jenisnya padahal kegunaanya berbeda sebab obat tidur sebagai bahan pokok mengatasi insomnia atau susah tidur dan obat bius untuk membuat orang pingsan.

    tentunya obat tidur juga banyak jenisnya seperti obat tidur cair cara menggunakanya di campurkan ke minuman cukup di kasihb 5 tetes saja ke dalam satu botol minuman tinggal di aduk merata.

    BalasHapus
  18. Terimakasih Admin atas informasinya. saya sangat senang membacanya karena sangat menarik. baca juga artikel saya salah satunya obat bius merupakan salah satu obat medis yang sudah di kenal sejak lama biasanya para dokter menggunakanya sebagai senjata utama saat operasi agar pasien tidak merasakan sakit apapun.

    juga bisa di gunakan untuk mengatasi orang yang mengalami gangguan jiwa sedang mengamuk agar bisa tenang
    namun para remaja lebih menyukai berbentuk obat bius cair dengan alasan guna mengatasi ganguan hubungan rumah tangga karena banyak sekali salah satu dari pasangan merasakan kebosanan hubungan intim hal inilah yang menjadikan kurang harmonis.

    tetapi ada yang salah kaprah untuk membedakanya soal obat tidur dengan sama jenisnya padahal kegunaanya berbeda sebab obat tidur sebagai bahan pokok mengatasi insomnia atau susah tidur dan obat bius untuk membuat orang pingsan.

    tentunya obat tidur juga banyak jenisnya seperti obat tidur cair cara menggunakanya di campurkan ke minuman cukup di kasihb 5 tetes saja ke dalam satu botol minuman tinggal di aduk merata.

    BalasHapus
  19. Genuine Viagra Asli from a trusted pharmacy! Cheap pharmacies without a prescription. 100% Safe and Anonymous. Generic Viagra without a prescription

    Original Viagra usa is present as a tablet containing sildenafil citrate, to be drunk. For most men, the recommended dose is 50 mg. loved, as needed, about 1 hour before the sexy activity. However, sildenafil citrate may be taken from 4 hours to 0.5 hours before sexy activity. Based and endurance, the dose can be increased to a maximum dose that is directed 100mg or drops to 25 mg. The recommended maximum dose is once daily.

    The move comes after health officials reclassified the drug last year.

    In November, the Regulatory Bureau of Medicines and Health Products (MHRA) announced that they were reclassifying Viagra Connect tablets so they could be sold on a pharmacy counter.

    It is hoped that making more drugs available will mean that men who may not have sought help for erectile dysfunction will be more likely to do so.

    The pharmacist will be able to determine whether treatment is appropriate for the patient and may advise on erectile dysfunction, drug use, potential side effects and assess whether further consultation with a GP is required.

    But some men, including those who have severe heart problems, those who are at high risk of heart problems, liver failure, kidney failure or those who take certain "medications interact", still need to be prescribed drugs under the supervision of a doctor.

    Thanks for sharing
    viagra asli
    harga viagra asli
    vimax asli
    5 manfaat tanaman hias

    BalasHapus

 

Website Resmi Pemerintah Kota Samarinda

Website Resmi Dinas Pariwisata Samarinda